Air Terjun Batu Dinding Lipat Kain Riau

Air Terjun Batu Dinding – Siapa sih yang gak suka Wisata Alam ke air terjun. Nah di Riau sendiri ada juga loh air terjun yang dekat dengan wilayah kota pekanbaru. Meskipun beda kabupaten dan jarak tempuh sampai 3 jam tapi cukup menariklah untuk orang yang haus petualangan.

Alamat Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding berada di Desa Tanjung Belit Kabupaten Kampar, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Propinsi Riau. Nah kalau kalian punya gadget yang ada GPS Mapnya bisa langsung cari deh pasti ketemu.

Peta-wisata-air-terjun-batu-dinding

Peta-wisata-air-terjun-batu-dinding

Nah untuk perjalanannya bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. Dengan detail perjalanan 2,5 Jam bermotor dan 0,5 jam berjalan kaki menaiki bukit dan menuruni lembah sungai. Itu jika dihitung berangkat dari Pekanbaru yah.

air-terjun-pekanbaru

air-terjun-pekanbaru

Selama perjalanan tentu saja khas Riau tak lepas dari pandangan kita yaitu perkebunan sawit, karet dan hutan semak belukar.

Akses Menuju Air Terjun Batu Dinding

Jarak Kota Pekanbaru menuju Desa Tanjung Belit sekitar 105 KM. Dari Pekanbaru ke Lipat Kain -+ 75 KM, dari Lipat Kain ke Desa Gema sekitar 25 KM. nah dari Desa Gema menuju Desa Tanjung Belit sekitar 5 KM. Selanjutnya dari Desa Tanjung Belit menuju Air Terjun Batu Dinding bisa dilalui dengan 2 cara yaitu melalui Jalur air, yaitu di Sungai Subayang dengan Kapal atau pompong dengan biaya Rp 10 Ribu/ orang atau dengan berjalan kaki langsung menyusuri sungai yang aliran Air Terjun Batu Dinding tersebut. Kalau berjalan kaki bisa menghabiskan waktu 30 Menitan loh.

air-terjun-riau

air-terjun-riau

Capeknya akan terbayar kalau udah sampai di Air terjunnya yang memiliki 2 air terjun. Nah yang di bawah/ hilir air terjunnya lebih rendah dari yang utama.
Nah sebelum sampai ke lokasi air terjun banyak sekali tempat yang bagus untuk berfoto selfie seperti tebing, gua, dan sungai seperti gambar di bawah ini.

Persiapan untuk wisata di Desa Tanjung Belit

Oh ya sebelum kalian sampai di air terjun ada baiknya kalian mempersiapkan makanan untuk konsumsi di air terjun, bisa kok di beli pas melintasi desa Gema atau Tanjung belit juga ada warung/ ampera.

Rudiansyah-dan-Putra

Rudiansyah-dan-Putra

Meskipun Air terjun ini tidak setinggi air terjun Pangkalan Kapas atau yang lebih dikenal Air Terjun Lubuk Bigau yang Tertinggi Keempat di Indonesia. Air Terjun Batu Dinding ini sangat Eksotis selain tempatnya yang jauh di pedalaman juga masih alami tanpa campur tangan manusia. Hutannya lebat dan masih banyak satwa liat yang bisa ditemui diperjalanan.
Di lokasi Air Terjun Batu Dinding ada juga kok orang berjualan tapi ya sebatas minuman dan makanan ringan seperti mie gelas atau yang lainnya.

Oh ya Untuk parkir kendaraan kita dikenai retribusi sebesar 3 ribu rupiah dan biaya masuk biayanya 5 ribu/ orang. Cukup murah kan. hehehe.
Alangkah baiknya jika anda ingin mengunjungi Air Terjun ini ketika musim hujan atau debit air sungai banyak. Karena air terjun yang jatuh akan semakin seru. Oh ya ketika anda akan berangkat jangan lupa mengisi BBM di Lipat kain kan udah tersedia SPBU karena akses ke wisata ini masih panjang dan tidak ada lagi SPBU.

air-terjun-lipat-kain

air-terjun-lipat-kain

Ketika memasuki Desa Gema dan Desa Tanjung Belit ada baiknya kita berhati-hati karena banyak sekali hewan peliharaan yang berkeliaran di jalanan. Seperti Sapi, Kerbau, dan Kambing, Jadi sangat berbahaya sekali kalau terlalu ngebut.

Peringatan Bagi yang datang ke air terjun ini

Kalau sudah sampai ada baiknya jangan langsung nyebur di bawah air terjun yang tingkat pertama karena aliran air terjun tersebut sangat dalam. Kedalamannya mencapai 7 Meter kalau meluap dan 5 meter untuk standarnya jadi bahaya kalau anda tidak bisa berenang. Solusinya adalah membawa ban atau anda juga bisa menyewanya dengan harga 10 ribu saja.

air-terjun-tanjung-belit

air-terjun-tanjung-belit

air-terjun-batu-dinding

air-terjun-batu-dinding

Terakhir jangan pulang terlalu sore karena selain jalanan yang macet juga banyak binatang yang beterbangan dan hewan piaraan yang berkeliaran mau pulang.

Jangan lupa dokumentasikan wisata kamu supaya berkesan dan buat kenang-kenangan.

Cukup sekilas pengalaman kru Wisata Website Riau ketika berwisata di Air Terjun Batu Dinding Lipat Kain Riau Indonesia.

Jika anda ingin mengirim informasi tentang wisata yang ingin dipublikasikan isa menghubungi kami di 01374571086

Tags:
author

Author: 

Seorang Blogger dari Pekanbaru Riau, Bekerja Freelance sebagai Internet Marketing, dan Melayani Jasa Pembuatan Website Profesional

One Response

  1. Wisata Kebun Binatang Kasang Kulim Pekanbaru Riau1 year ago

    […] Letaknya yang dipinggiran kota membuat orang-orang berpikir bahwa kebun binatang ini berada di kota pekanbaru. Padahal sebenarnya berada di kabupaten Kampar. […]

    Reply

komentarnya dong